Jumat, 26 Maret 2010

Instalasi library YAZ di PHP

Pada SENAYAN 3 Stable 10, saya menambahkan kemampuan untuk mengambil data melalui protokol Z39.50 pada modul Bibliography (Pengatalogan). Fitur ini memanfaatkan library PHP YAZ. YAZ sendiri adalah sebuah library untuk bahasa C yang dapat digunakan untuk membangun aplikasi server dan klien protokol Z39.50/SRW/SRU. Untuk lebih lengkapnya silahkan anda arahkan browser kesayangan anda ke laman resmi YAZ. Fitur Z39.50 di SENAYAN 3 Stable 10 diharapkan akan semakin memudahkan pustakawan untuk mengambil data langsung ke database online Library of Congress yang kesohor itu. Cukup masukan nomor ISBN, tunggu proses pengambilan data selesai, apabila berhasil anda tinggal memilih data mana yang akan dimasukkan ke dalam database SENAYAN anda. Hidup pustakawan semakin mudah kalau pakai SENAYAN hehheeheee :).

Untuk yang belum mengetahui apa itu protokol Z39.50, Z39.50 adalah protokol klien server berstandar internasional (ISO 23950) untuk penelusuran dan temu kembali informasi antar komputer. Penerapan protokol ini memungkinkan beberapa institusi untuk saling bertukar data, menelusur dan menemukan kembali data (biasanya rekod bibliografis/katalog koleksi perpustakaan) dengan antar muka yang sama dan teknik penelusuran yang sama. Untungnya pengembang YAZ juga mengembangkan extension library YAZ untuk PHP. Untuk menginstall dan mengaktifkan library YAZ di PHP caranya cukup mudah :

Windows

  1. Unduh/download versi terakhir php_yaz.dll di repositori PHP YAZ dan kopi ke folder/direktori extension PHP anda. Misal anda menginstall PHP di C:\php, maka kopi file php_yaz.dll ke direktori C:\php\ext.
  2. Unduh/download versi terakhir YAZ toolkit dan lakukan instalasi.
  3. Masuk ke direktori instalasi YAZ anda (biasanya terletak di C:\Program Files\YAZ\bin) dan kopi 4 file DLL yang ada di dalamnya ke direktori C:\WINDOWS\win32.
  4. Buka file konfigurasi PHP anda (php.ini) dan tambahkan atau hilangkan tanda ;(titik koma) baris yang bertuliskan seperti ini :
    extension=php_yaz.dll
  5. Restart web server anda untuk menyelesaikan proses instalasi dan setup dan kemudian cek dengan script apakah library YAZ sudah terinstall dengan baik.

GNU/Linux atau varian UNIX

  1. Download source code rilis stable YAZ terbaru.
  2. Download source code rilis PHP YAZ terbaru.
  3. Pastikan compiler GCC, make, libtool dan tools development lainnya sudah terinstall di sistem anda.
  4. Buka console/terminal, ekstrak file tarball YAZ dengan menggunakan perintah tar xvzf yaz-3.0.47.tar.gz dan kemudian masuk dalam direktori hasil ekstraksi YAZ dengan perintah cd yaz-3.0.47.
  5. Jalankan perintah-perintah berikut secara berurutan :

./configure --prefix=/usr

make

sudo make install

  1. Ekstrak tarball PHP YAZ dengan perintah tar xvzf php-yaz-1.0.14.tar.gz dan kemudian masuk ke direktori hasil ekstraksi dengan perintah cd php-yaz-1.0.14.
  2. Pastikan anda memiliki program phpize, bila tidak silahkan lakukan instalasi melalui perintah sudo apt-get install php-dev untuk distro Debian dan turunannya atau yum install php-dev untuk distro distro turunan Red Hat. Jalankan perintah-perintah berikut secara berurutan :

phpize

./configure --with-php-config=/usr/bin/php-config

make

sudo make install

  1. Buka file konfigurasi PHP anda (php.ini) dengan editor teks favorit anda dan tambahkan atau hilangkan tanda ;(titik koma) pada baris yang bertuliskan seperti ini :
    extension=yaz.so
  2. Restart service web server anda dengan menjalankan perintah service apache restart sebagai user ROOT atau kalau tidak bisa coba jalankan perintah /etc/init.d/httpd restart.
  3. Cek dengan script apakah library YAZ sudah terinstall dengan baik.

Sumber : Arie Nugraha


Tidak ada komentar:

Posting Komentar